Kamis, 27 Desember 2018

Pustaka Tentang Pesawat Tempur Multi Peran / Multi Role Fighter Dassault Etendard & Super Etendard


Pesawat Tempur Dassaul Etendard
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang satu jenis alutsista dari spesies pesawat tempur multi peran atau multirole fighter besutan dari Prancis. Pesawat tempur ini memperoleh nama besar saat digunakan oleh Argentina pada saat terjebak dalam Perang Malvinas (Perang Falkland). Nama alutsista itu adalah: Pesawat Tempur Multi Peran / Multi Role Fighter Dassault Etendard & Super Etendard. Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

Dassault mulai merancang dan memproduksi Etendard untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Prancis dan NATO akan pesawat tempur ringan yang rancangannya diambil dari pengalaman bertempur saat Perang Korea. Banyak versi muncul, tetapi tidak satupun yang yang mencapai tahap purwarupa, sampai akhirnya Etendard IV menarik perhatian Angkatan Laut Prancis sebagai pesawat tempur multi peran yang berbasis di kapal induk. Pesawat ini lantas dikembangkan lagi menjadi Etendard IV M, khusus untuk Angkatan Laut Prancis, sekaligus pesawat berbasis kapal induk pertama yang dirancang oleh pabrikan Dassault.

Etendard IV M terbang pertama kali pada bulan Mei 1958 dan periode 1961 sampai dengan 1965, Angkatan Laut Prancis menerima 69 Etendard IV M untuk ditempatkan di kapal induk Prancis Foch dan Clemenceu, termasuk 21 versi intai/tanker Etendard IV P. Etendard IV M terus dioperasikan oleh Angkatan Laut Prancis sampai Juli 1991 dan telah mencatatkan 180.000 jam terbang dan melaksanakan 25.300 kali pendaratan di kapal induk.

Untuk menggantikan Etendard, Dassault menawarkan Super Etendard, versi perbaikan dan lebih canggih dari Etendard IV M, tetapi, sebenarnya Super Etendard ini 90 persen rancangannya adalah rancangan yang benar-benar baru.

Dirancang untuk tugas penyerangan dan pencegatan, pesawat ini dipasang mesin yang lebih bertenaga, yaitu Atar 8K-50 dan strukturnya diperkuat agar lebih tahan menghadapi tekanan yang besar saat pesawat ini terbang dalam kecepatan tinggi. Sistem senjata ditingkatkan dengan memasang alat navigasi modern dan sistem manajemen tempur yang berpusat di radar multi moda tipe Thomson. Sayapnya memiliki sudut atau leading edge baru dan flap-nya diperbaiki, ditambah dengan mesin baru, memungkinkan pesawat ini lepas landas dengan muatan yang lebih besar ketimbang Etendard versi sebelumnya.

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, dapat disimak di sini.


Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Baca juga berbagai artikel menarik di laman:

Sumber: 

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar