Jumat, 16 Juli 2021

Pustaka Tentang Fotografi: Bagaimana cara memulai fotografi hitam putih? (Pertanyaan...ataukah mengingatkan?)


Garis Pantai (Dalam Hitam Putih)
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang catatan ringkas dan pendek dari seorang (yang bukan) fotografer, mengenai bagaimana caranya untuk memulai fotografi, terutama fotografi hitam dan putih. Dan artikel tersebut tertuang dalam tulisan yang sangat menarik berjudul "Bagaimana cara memulai fotografi hitam putih? (Pertanyaan...ataukah mengingatkan?)". Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

Sebenarnya, pertanyaan ini sudah lama diajukan kepada saya…..Lama sekali! Tapi baru sempat saya tulis sekarang.

“Om, gimana sih caranya ambil foto hitam putih yang baek dan bener?” 

Duh….Tepok jidat nih saya kalau dapat pertanyaan seperti ini. Dia pikir si “fotografi” itu lagi sakit parah, atawe sakit gigi, atau si “fotografi” sedang terjerumus dalam perbuatan yang sesat?....kok dia pake tanya, fotografi yang “baek dan bener” itu gimana?....

Apa ini orang tak paham, sudah dua tahun ini saya tak lagi pegang kamera. Sudah dua tahun ini, saya punya kamera sudah saya bungkus dalam tas, masuk ke dalam rak, dan hanya jadi salah satu benda penghuni tempat terkutuk itu? Dan terlalu lama saya tak pegang kamera, sampai saya lupa, seperti apa bentuknya kamera, dan apa itu shutter dan lensa!

Gimana caranya saya jawab pertanyaan seperti itu? 

Bakalan beda cerita kalau pertanyaan sobat saya itu diajukan dua tahun kemarin. Waktu saya masih rajin jepret sana dan jepret sini. Dan kalau sohib saya itu tanya saya saat itu, pasti akan saya jawab pertanyaan sohib saya itu dengan penuh semangat yang berkobar, ditimpali dengan intonasi suara yang naik turunnya macam ombak lautan saat badai besar, dus dengan petir menggelegar dan sambar menyambar….Saya jawab pertanyaan dia sampai khatam….Zonder sisa!!

Tapi, sayangnya, itu dulu…dan….Ya.....Seandainya!

Sekarang saya sama sekali tak mampu menjawab pertanyaan itu….Tak ada intonasi seperti ombak apalagi petir….Yang ada cuma jawaban lirih!

“Tanya mbah google aja sob!”…..Lirih, bahkan nyaris tak terdengar.

Dengar jawaban saya yang “tanpa nyawa” seperti itu, sohib saya kelihatan kaget. Dia pasang roman muka aneh sambil melihat muka saya dalam-dalam, dia pikir, dia salah orang, dan pasti dia berpikir, yang berdiri didepan dia saat itu bukanlah saya!

Saya Cuma senyum….”Bener sob, saya bingung gimana jawabnya” timpal saya, sambil masih pakai intonasi macam manusia yang sudah berhari-hari tak ketemu nasi.

“Coba aja dijawab!”…cecarnya agak ga sabar. 

Agak merasa berdosa juga kalau saya tak jawab pertanyaan sobat saya itu. Lama kami berkawan, tak enak juga kalau saya kecewakan dia kali ini.

Yah......okelah, saya akan coba jawab saja pertanyaan dia itu, semampu saya, sebisa saya.

Dan saya ajak sohib saya itu pergi ke warung. Seperti biasa, lagi-lagi ditemani kopi hitam, dan lagi-lagi dihiasi asap rokok!

Alhasil…..mulailah saya bercerita, tentang foto hitam putih, dan inilah ceritanya:

Apakah Sobat pernah menyadari bagaimana beberapa foto hitam-putih terlihat begitu menakjubkan, begitu hidup, dan begitu mampu bertutur kata? dan kemudian sobat ingin mencoba menciptakan foto yang serupa dan hasilnya bikin miris? Hal pertama yang mutlak diperlukan dalam menciptakan foto hitam-putih adalah jiwa, dan hati, dan sama sekali bukan tentang kamera.

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, dapat disimak di sini.


Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Silahkan baca-baca berbagai artikel menarik di laman:

Sumber: 

Tag: 
#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar