Kamis, 21 Februari 2019

Pustaka Tentang Medium Transport Helicopter / Helikopter Transport Medium Mil Mi-8


Helikopter Transport Medium
Medium transport Helicopter Mil Mi-8
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang satu jenis alutsista dari helikopter angkut kelas medium atau medium transport helicopter dari Uni Soviet. Helikopter ini merupakan pengembangan realistis dari pemikiran para petinggi Uni Soviet, yang terlihat sudah tak lagi berminat pada alutsista yang “besar”, dan lebih menitikberatkan pada alutsiusta yang efesien dan efektif. Dan ini adalah artikel singkatnya:

Kuat dan bandel, mudah serta murah dalam hal operasional dan juga perawatan, dan falsafah inilah yang membuat helikopter ini memiliki jumlah populasi yang luar biasa, serta diadopsi oleh banyak negara (tercatat, lebih dari 50 negara di dunia mengoperasikan helikopter ini). Helikopter Mil Mi-8 (kode identifikasi dari NATO “Hip”) telah diproduksi dalam jumlah yang lebih besar dari semua helikopter dari berbagai jenis, dan telah dioperasikan oleh lebih dari 50 negara di dunia. 

Lebih dari 11.000 helikopter ini telah dibuat, termasuk varian Mi-17 (yang juga dimiliki oleh Indonesia) dan telah dioperasikan dalam berbagai versi dan peran, mulai dari angkut personel, heli tempur, heli untuk Search & rescue, hingga pos komando. Sebagai perbandingan untuk jumlah produksi, Sikorski Sea Kings hanya dapat mencapai angka 1.500 unit saja, jelas kalah jauh dibandingkan dengan helikopter ini.

Pada saat helikopter ini diperlihatkan pertama kali kepada publik pada tahun 1961, banyak pengamat yang “terkejut” dengan penampilan dan performanya. Helikopter ini terlihat lebih besar dan terlihat lebih kokoh layaknya seperti helikopter buatan Blok Barat. Kemunculan helikopter ini sekaligus menghapus stigma negatif sekaligus sinis yang saat itu berkembang, bahwa Uni Soviet hanya mampu menjiplak rancangan barat.

Helikopter ini semula ditujukan untuk meneruskan kesuksesan sang kakak, yaitu Mi-4. Rancangan awal dari helikopter ini semula hanyalah helikopter dengan mesin tunggal, yang kemudian terus menerus disempurnakan sehingga berevolusi menjadi Mi-8. Namun, baik Aeroflot (dinas penerbangan Uni Soviet) maupun pihak militer lalu mengajukan syarat untuk meningkatkan kemampuan dan performa, juga untuk masalah keamanan dengan konfigurasi dua mesin, bukan lagi mesin tunggal. Mil kemudian merubah rancangannya, dan memproduksi sebuah versi bermesin ganda dari V-8 dengan dua mesin turboshaft dipasang di atas kabin (seperti Mi-6). Pada saat uji terbang perdana, pada tanggal 17 September 1962, didapatkan hasil yang sangat menggembirakan, tetapi kesuksesan ini tak lantas menghentikan usaha peningkatan. Rancangan Mil Mi-8 terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan sehingga Mi-8 siap untuk masuk jalur produksi pada tahun 1965.

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, dapat disimak di sini.

(Artikel ini telah tayang di laman militerbanget.blogspot.com dengan judul asli: "Helikopter Transport Medium / Medium Transport Helicopter - Mi-8")

Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Baca juga berbagai artikel menarik di berbagai laman berikut ini:

Artikel tentang fotografi: trisoenoe.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat buah, sayuran, serta tanaman: portal-receh.blogspot.com

Artikel tentang alutsista: kilas-copas.blogspot.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel tentang berbagai misteri, kisah horror, dan lain-lain: portal-kisah.blogspot.com

Sumber:

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Ukraina-Rusia, #Pertempuran-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar