Selasa, 20 Oktober 2020

Pustaka Tentang Spot Fotografi - Toko Merah - Kota Tua - Jakarta


Spot Fotografi - "Toko Merah"
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang satu spot fotografi yang sudah sangat dikenal oleh penggemar fotografi di Indonesia. Nama spot fotografi itu adalah "Toko Merah". Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

Artikel kali ini adalah tentang salah satu spot fotografi di Jakarta, yang juga sekaligus tempat yang sangat bersejarah....."Toko Merah" Kalo sohib-sohib sering mampir pakansi atawe jalan-jalan ke daerah kota tua, udah pasti pernah ngeliat bangunan ini!

Yup, sebuah bangunan yang punya arsitektur lumayan unik, terletak di jalan Kali besar barat dan punya cat eksterior yang "ngejreng!"...menyala...Dan bangunan ini sering banget dijadiin lokasi untuk foto, karena selain unik, juga tempatnya ga terlalu jauh dari pusat kota.

Tapi, siapa nyana, ternyata bangunan ini punya sejarah kelam di suatu masa di "Tempo Doeloe" (setidaknya menurut beberapa versi!), berikut beberapa versi sejarah bangunan toko merah menurut berbagai sumber:    

1. Versi dari Wikipedia (Untuk versi obyektif, yang mengesampingkan sisi kelam dari versi lain) 


Toko Merah dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem baron van Imhoff diatas tanah seluas 2.471 meter persegi. Rumah tersebut dibangun sedemikian rupa, sehingga besar, megah dan nyaman. 

Nama "Toko Merah" berdasarkan salah satu fungsinya yakni sebagai sebuah toko milik warga Cina, Oey Liauw Kong sejak pertengahan abad ke-19 untuk jangka waktu yang cukup lama. Nama tersebut juga didasarkan pada warna tembok depan bangunan yang bercat merah hati langsung pada permukaan batu bata yang tidak diplester. 

Warna merah hati juga nampak pada interior dari bangunan tersebut yang sebagian besar berwarna merah dengan ukiran-ukirannya yang juga berwama merah. Di samping itu dalam akte tanah No. 957, No. 958 tanggal 13 Juli 1920 disebutkan bahwa persil-persil tersebut milik NV Bouwmaatschapij "Toko Merah". 

Demikianlah ulasan singkat mengenai satu artikel yang mengulas tentang spot fotografi yang terkenal di Jakarta yang bernama "Toko Merah". Untuk Uraian yang lebih lengkap, rekan-rekan dapat menyimaknya di sini.

(Artikel ini telah tayang di laman trisoenoe.com dengan judul "Spot Fotografi - Toko Merah - Kota Tua - Jakarta")

Artikel asli ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Baca juga berbagai artikel menarik di berbagai laman berikut ini:


Artikel tentang fotografi: trisoenoe.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat buah, sayuran, serta tanaman: portal-receh.blogspot.com

Artikel tentang alutsista: kilas-copas.blogspot.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel tentang berbagai misteri, kisah horror, dan lain-lain: portal-kisah.blogspot.com

Sumber: 

-----------------------------------------
#Fotografi, #Fotografer, #FG, #Momod, #kamera, #Tips, #Trik, #Tips Fotografi, #Trik Fotografi, #Teknik Fotografi, #Seni Fotografi, #Aliran Fotografi, #Genre Fotografi, #Still Life Fotografi, #Rule of third, #Photo, #Photography, #Foto, #BW, #Model foto, #Potret, # Aliran fotografi, #Bangunan bersejarah, #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia, #Food Photography, #Foto hitam-putih #fotografer, #Fotografi, #Fotografi Abstrak, #Fotografi Arsitektur, #Fotografi Komersial, #fotografi makanan, #Fotografi Wajah, #Gallery, #Human Interest Photography, #Jakarta, #Jalan-jalan, #Karya Foto, #Sejarah Batavia, #serba-serbi, #Spot Fotografi, #Street Photography, #Teknik fotografi, #Video Fotografi, #Selfie, #Toys Fotografi, #Wedding Photography, #Underwater Photography, #Macro Photography, #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY, #Lensa, #Lensa Kamera, #Kamera, #DSLR, #Mirrorless, #Analog, #Tripod, #Kamera HP, #Foto model, #Komunitas fotografi, #Sesi foto, #Trik & Tips Fotografi, #Aturan segitiga, #Aturan segi empat, #photoshop, #Tallent, #MUA, #Ghosting, #Gabut, #Lockdown, #Rebahan, #WFH, #Resesi, #Kuota Belajar, #Virus Corona, #PSBB, #Among Us, #Covid-19, #Vaksin Covid-19, #Resep, #cara sederhana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar