Jumat, 16 Juni 2023

Pustaka Tentang Fotografi: 10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Ketiga dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)



Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang ke"digdaya"an satu lensa (yang punya julukan sebagai "lensa kit" atawe "lensa bawaan"), yang seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian fotografer. Pembahasan tersebut tertuang dalam tulisan yang sangat menarik berjudul: "10 (baca: Sepuluh) Keistimewaan dan Kegunaan Lensa Kit Yang harus Sobat Jepret Ketahui ! (Ocehan Potongan Ketiga dari Empat Potong Ocehan Ala Kadarnya!)". Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

4. Memiliki Minimum Focusing Distance yang bagus

Minimum Focusing Disctance, seperti diulas dalam artikel ini adalah ukuran kemampuan lensa memotret objek yang jaraknya dekat. Walaupun kemampuannya tidak akan bisa menyamai kedigdayaannya si lensa makro, namun lensa kit secara mengejutkan memiliki MFD lebih bagus dibandingkan dengan lensa yang lebih mahal.

Kedua lensa di atas (18–55mm f/3.5–5.6 baik milik Canon maupun Nikon) memiliki kemampuan fokus jarak dekat yang lebih baik dibandingkan lensa 17–55mm f/2.8 yang jauh lebih mahal.

So pasti ya Sob, ini bisa jadi berita bagus untuk kaum fotografer proletar yang punya isi kantong cupet (seperti saya pastinya!)

5. Hanya Beli yang Kita Butuh Saja, Jangan Beli yang Kita Tak Butuh!

Ada sebuah ungkapan yang sangat sering kita dengar dalam dunia fotografi (dan juga pada hamper semua segi dalam kehidupan)), ungkapan itu adalah: “Saat kita bingung harus membeli apa, berarti sebenarnya kita tidak atau belum perlu membeli”. Saat Sobat sudah menggunakan lensa kit dalam jangka waktu yang cukup, Sobat akan cukup tahu seluk beluk fotografi. Sobat juga makin tahu selera, panggilan hati, irama dan juga aliran fotografi yang bakal Sobat tekuni.

Semisal, pada saat Sobat tahu bahwa selera dan jalan ninja Sobat adalah foto landscape dan Sobat sudah memiliki kemampuan yang jauh melebihi kemampuan lensa kit tadi, barulah Sobat dapat membeli lensa khusus landscape seperti Canon EF-S 15-85mm f / 3.5-5.6, atau Nikon AF-S Nikkor 14-24 mm FX f / 2.8, dan sebagainya. Bayangkan kalau Sobat di tahap awal sudah “kalap”, dan sudah kadung beli lensa yang lain (lensa makro misalnya), dan ternyata, panggilan hati Sobat ternyata bukan fotografi makro, alhasil, lensa yang sudah terlanjur kebeli tadi bakalan sia-sia karena tidak terpakai secara maksimal (atau bahkan tidak terpakai sama sekali)

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, Sobat Jepret dapat membacanya dengan sejuta ketentraman serta kedamaian jiwa di sini.


Artikel ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Baca juga berbagai artikel menarik di berbagai laman berikut ini:


Artikel tentang berbagai ragam alutsista dari berbagai belahan dunia: militerbanget.blogspot.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat buah, sayuran, serta tanaman: portal-receh.blogspot.com

Artikel tentang alutsista: kilas-copas.blogspot.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel tentang berbagai misteri, kisah horror, dan lain-lain: portal-kisah.blogspot.com

Sumber: 


Tag: 
#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19,#Omicron, #Instagram, #Instanusantara, #Instagood, #Insta, #fotolia, #Adobe Stock, #iStock Photo, #Getty Images, #Alamy, "Free Digital Photos, #500px, #Dreamstime, #Etsy, #SmugMug, #Stocksy, #EyeEm, #Pixieset, #Envato Elements, #Shutterstock, #photograph, #portrait, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar