Senin, 18 September 2023

Pustaka Tentang Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Yokosuka D4Y Suisei


Pesawat Pembom Tukik/Dive Bomber
Yokosuka D4Y Suisei
pustakasenjatadanfotorafi.blospot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang satu jenis alutsista dari spesies pesawat pembom tukik alias dive bomber dari era Perang Dunia II, racikan dari Jepang. Pesawat pembom tukik ini meman prestasinya tak seharum pesawat sejenis dari negara lain, seperti Ju-87 Stuka, atau Curtiss SB2C Helldiver. Walaupun demikian, pesawat ini tetap terkenal karena termasuk dalam salah satu pesawat yang ikut mengemban misi kamikaze saat Perang Dunia II. Nama alutsista tersebut adalah Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Yokosuka D4Y Suisei. Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

Yokosuka D4Y Suisei mulai masuk operasional aktif pada musim gugur tahun 1942. Pesawat ini pada awalnya digunakan sebagai pesawat pengintai (tipe D4Y1-C), lalu ditingkatkan lagi dengan berbagai modifikasi, terutama pada perkuatan struktur sayap serta cantelan bom serta sistem pembidik, dan berperan sebagai pesawat pembom tukik (tipe D4Y1) pada tahun 1943 (menemani pesawat pembom tukik yang sudah operasional, seperti Mitsubishi D3A Val yang legendaris).

Sayangnya, ternyata pesawat ini tidak memiliki performa sehebat yang diharapkan. Banyak dari pesawat ini yang ditembak jatuh karena manuver pesawat ini tidak mampu menandingi kelincahan manuver pesawat sekutu. Belum lagi, pesawat ini ternyata juga dihinggapi “penyakit” yang sama yang umum menjangkiti pesawat Jepang pada saat itu. Sistem proteksi pada pesawat ini sangat lemah, tidak ada lapisan baja pelindung untuk melindungi kru, dan bagian-bagian penting dari pesawat. Untuk tangki bahan bakar, tidak ada proteksi berupa lapisan yang dapat menutup sendiri (self sealing). Alhasil, ketika terkena beberapa tembakan saja, pesawat ini bisa langsung terbakar, tersungkur dan hancur.

Dari catatan resmi, total ada 2.038 unit pesawat ini yang telah diproduksi. Versi peningkatannya adalah D4Y2 yang memiliki dapur pacu yang lebih kuat. Dan ketika arah perang berbalik menghantam Jepang, pesawat ini juga menjadi korban dengan menjadi pesawat yang mengusung fungsi kamikaze. Untuk tugas ini, pesawat ini dimodifikasi lagi demi meningkatkan kecepatan dan juga daya hantam, dengan mengurangi beberapa sistem atau kelengkaapan yang dianggap tidak penting (toh pesawat ini ditargetkan untuk menabrakkan diri pada sasaran musuh). Khusus untuk tugas Kamikaze, pesawat ini dibekali dengan satu unit bom seberat 800 kilogram. Pesawat ini mendapat nick name “Judy” oleh pihak sekutu.

Demikianlah ulasan singkat tentang Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Yokosuka D4Y Suisei. Untuk ulasan yang jauh lebih lengkap, rekan-rekan dapat membacanya pada artikel aslinya di sini.

(Artikel ini telah tayang di laman militerbanget.blogspot.com dengan judul asli: "Pesawat Pembom Tukik / Dive Bomber Yokosuka D4Y Suisei")

Artikel asli ditulis oleh: Tuntas Trisunu

Baca juga berbagai artikel menarik di berbagai laman berikut ini:


Artikel tentang fotografi: trisoenoe.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat buah, sayuran, serta tanaman: portal-receh.blogspot.com

Artikel tentang alutsista: kilas-copas.blogspot.com

Artikel tentang khasiat dan manfaat: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel tentang berbagai misteri, kisah horror, dan lain-lain: portal-kisah.blogspot.com

Sumber: 


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar