Kamis, 15 Juli 2021

Pustaka Tentang Fotografi: Apa Sih Bedanya "Fotografer" dengan "Tukang Foto"....???? (Tulisan ini adalah tulisan bagian Kedua)


"Sang Fotografer"
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang catatan ringkas dan pendek dari seorang (yang bukan) fotografer, mengenai definisi yang bias antara apa itu "tukang foto" dan apa itu "fotografer" serta korelasi antara keduanya. Dan artikel tersebut tertuang dalam tulisan yang sangat menarik berjudul "Apa Sih Bedanya "Fotografer" dengan "Tukang Foto"....???? (Tulisan ini adalah tulisan bagian Kedua)". Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

Sebenarnya, ada yang mengganjal di kepala saya tentang ucapan dia, tentang apa itu fotografer, dan apa itu tukang foto. Saya punya pemikiran sendiri tentang apa itu tukang foto, dan apa itu fotografer dari sudut filosofis maupun praktis. 

Ingin rasanya saya kemukakan pendapat saya…….Tapi, melihat roman mukanya yang sedang kusut dan carut marut, tak sampai hati saya jadinya. Biarlah dia tenang dulu, biar berlalu dahulu soalan ini dari dirinya, setelah itu, bolehlah rasanya saya undang dia untuk omong-omong masalah ini, masalah bedanya tukang foto dan fotografer. 

“Kalau gw tau bakalan gini jadinya, gw kaga mau ambil job ini om, rugi waktu dan tenaga, tapi hasilnya malah bikin kecewa” sambung bedul sembari melirik kearah gelas kopinya. Kopinya hampir habis, saya menganggukkan kepala, dan dia lalu mengacungkan satu jari ke arah mas penjual kopi, pesan satu gelas lagi…..

“Mana orang bisa tau nantinya gimana mas bro, Cuma peramal aja yang tahu, atau merasa tahu, masa depan itu kaya gimana,” jawab saya. Dalam hati sayapun sependapat dengan kawan saya itu. Kalaulah saya bisa meramal dan tahu masa depan itu seperti apa, tentu saja saya akan berkilah seribu satu cara supaya saya tak ketemu dia hari ini. Rugi! Rokok saya musnah, malah saya juga harus kena traktir kopi!

Malam itu kita ngobrol sampai hampir subuh. Pelan-pelan, kawan saya itu rasanya mulai tenang dan bisa enteng kepalanya. Tepat jam empat pagi, dia pamit pulang, sayapun pulang juga. Enak juga sesekali omong-omong tentang topik yang “enteng-enteng berat” seperti ini.

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, dapat disimak di sini.


Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Silahkan baca-baca berbagai artikel menarik di laman:

Sumber: 

Tag: 
#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar