Selasa, 20 Juli 2021

Pustaka Tentang Fotografi: Fotografi Komersial - Foto Gedung (Nasehat untuk fotografer?)...Bagian Pertama


Foto Gedung
pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Pustaka kali ini akan membahas secara singkat, tentang catatan ringkas dan pendek dari seorang (yang bukan) fotografer, mengenai satu peristiwa yang menimpa seorang fotografer (yang fotografer beneran tentunya). Dan artikel tersebut tertuang dalam tulisan yang sangat menarik berjudul "Fotografi Komersial - Foto Gedung (Nasehat untuk fotografer?)...Bagian Pertama". Dan berikut ini adalah artikel singkatnya:

(Ini kisah dua babak. Babak pertamanya adalah yang saya posting hari ini. Sebenarnya, cerita ini bisa saja jika saya tuliskan hanya dalam satu bagian saja. Tetapi, tak ada salahnya juga kan kalau saya unggah menjadi dua bagian, iya kan?)

Beberapa bulan belakangan, bolehlah saya bilang sebagai bulan cobaan. Banyak betul cobaan yang datang, dan herannya, kok ya betah banget itu cobaan sampai menginap berbulan-bulan pada diri saya. Mulai dari cobaan di sawah tempat saya nyari sesuap nasi, cobaan macet di jalan gara-gara banyaknya galian, cobaan tagihan, sampai dengan cobaan yang datangnya dari diri sendiri. “Weleh…weleh…weleh!” 

Ujung-ujungnya, semua cobaan itu bermuaranya di duit juga. Ternyata, benar juga peribahasa yang sering saya baca di tempelan pantat motor yang kerap saya lihat kalau lagi kena macet di jalan, dan peribahasa yang satu itu juga banyak diomongin orang-orang yang lagi ga punya duit macem saya sekarang ini: “Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang!”

Peribahasa itu memang ngeselin, tapi ada benarnya juga, paling tidak, untuk saat ini peribahasa itu terasa benar menurut saya.

Yah….Daripada bingung dan pusing, ada baiknya minum kopi sambil merokok lagi, moga-moga saya bisa dapat inspirasi atau bisa ketiban rejeki. Kemudian, pergilah saya ke warung kopi malam itu. 

Dan benar saja, walaupun hanya sebagian yang benar. 

Memang, tak lama kemudian, ada yang datang. Tetapi, bukan inspirasi apalagi rejeki, melainkan kawan lama saya si Bedul yang datang menyambangi saya. Buat saya, Bedul ini lebih mirip ke arah “cobaan” ketimbang “inspirasi”! Kok bisa cobaan? 

Nah, sebentar lagi sobat-sobit akan paham, kenapa kawan saya ini lebih cocok disebut “cobaan” ketimbang “inspirasi” (untuk sobat yang belum mengenal kawan saya si Bedul ini, silahkan baca artikelnya di sini dan sini).

“Hallo om, lagi asik ngopi nih?” Tanya Bedul dengan ekspresi yang ceria-ceria ngeselin.

“Bukan brohhh….lagi berenang. Udah tau lagi ngopi, masih ditanya!”

“Wah, cocok lah, saya juga belum ngopi nih Om sedari pagi!”. Dan duduklah dia di sebelah saya, sambil mengacungkan jarinya ke arah penjual kopi, “Kopi hitam bang, satu, cepetan! sama dia ya bayarnya!” Tak ketinggalan jarinya menunjuk ke arah saya, sambil tersenyum manis.

Demikianlah artikel singkat ini. Untuk uraian yang lebih lengkap, dapat disimak di sini.


Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Silahkan baca-baca berbagai artikel menarik di laman:

Sumber: 

Tag: 
#Fotografi #Fotografer #FG #Momod #kamera #Tips #Trik #Tips Fotografi #Trik Fotografi #Teknik Fotografi #Seni Fotografi #Aliran Fotografi #Genre Fotografi #Still Life Fotografi #Rule of third #Photo #Photography #Foto #BW #Model foto #Potret # Aliran fotografi #Bangunan bersejarah #Bangunan bersejarah di Jakarta Batavia #Food Photography #Foto hitam-putih #fotografer #Fotografi #Fotografi Abstrak #Fotografi Arsitektur #Fotografi Komersial #fotografi makanan #Fotografi Wajah #Gallery #Human Interest Photography #Jakarta #Jalan-jalan #Karya Foto #Sejarah Batavia #serba-serbi #Spot Fotografi #Street Photography #Teknik fotografi #Video Fotografi #Selfie #Toys Fotografi #Wedding Photography #Underwater Photography #Macro Photography #HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY #Lensa #Lensa Kamera #Kamera #DSLR #Mirrorless #Analog #Tripod #Kamera HP #Foto model #Komunitas fotografi #Sesi foto #Trik & Tips Fotografi #Aturan segitiga #Aturan segi empat #photoshop #Tallent #MUA, #Covid-19, #Corona Virus, #Isolasi Mandiri, #Pendemi Covid-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar